Abstrak


Kajian Sosial Ekonomi Implementasi Program Desa Mandiri Pangan Studi pada: Program Desa Mandiri Pangan Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan dan Desa Wukirharjo Kecamatan Prambanan


Oleh :
Rizki Amalia Firda - F1117053 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Program Desa Mandiri Pangan adalah program yang ditujukan kepada desa yang masyarakatnya mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi sehingga dapat menjalani hidup sehat dan produktif dari hari kehari, melalui pengembangan sistem ketahanan pangan yang meliputi subsistem ketersediaan, subsistem distribusi, dan subsistem konsumsi dengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada dan tidaknya perbedaan rata-rata pendapatan anggota kelompok afinitas di Desa Jagalan dan Desa Wukirharjo setelah mencapai empat tahapan program yaitu persiapan, penumbuhan, pengembangan, dan kemandirian melalui proses pemberdayaan masyarakat sebagai wujud implementasi kebijakan Program Desa Mandiri Pangan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis Mann-Whitney yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dari 2 populasi data yang saling independen  yaitu perbedaan nilai rata-rata pendapatan anggota kelompok afinitas di Desa Jagalan dan Desa Wukirharjo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keberhasilan Progam Desa Mandiri Pangan di Desa Jagalan dan Desa Wukirharjo adalah berbeda. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji Mann-Whitney yang menunjukan adanya perbedaan rata-rata pendapatan kelompok afinitas di Desa Sumberrejo dan Desa Wukirharjo.Artinya dengan adanya Program Desa Mandiri Pangan  yang diberikan di Desa Jagalan   dan Desa Wukirharjo pada tahap kemandirian yang sama, menghasilkan tingkat ekonomi yang berbeda. Kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi masing-masing wilayah geografis dan karakteristik masyarakatnya berbeda.

Kata kunci: desa mandiri pangan, pendapatan, pemberdayaan  masyarakat