Abstrak


Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung menggunakan metode pembelajaran strukturalanalitik sintetik (SAS) (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas II SD Negeri Bumi I No 67 Surakarta tahun ajaran 2018/2019)


Oleh :
Soufi Dianimdri - K7115166 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis tgeak bersambung menggunakan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek pada penelitian ini yakni guru dan peserta didik kelas II SDN Bumi 1 No. 67 Surakarta tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah 25 peserta didik.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dandokumentasi. Teknik ujivaliditas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknikanalisis data yang digunakan yakni model interaktif.
Hasilpenelitian ini menunjukkan nilai rata-rata tes pratindakan yang awalnya sebesar50,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 12% meningkat pada siklus I sebesar 68,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% kemudian pada siklus II meningkat secara signifikan menjadi 81,79 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84%.
Merujuk pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada peserta didik kelas II SDN Bumi 1 No 67 Surakarta TahunAjaran 2018/2019.

Kata kunci: Struktural Analitik Sintetik (SAS), keterampilan menulis tegak bersambung, Sekolah Dasar