Abstrak


Peran Editor dalam Produksi Berita di Tv One Biro Yogyakarta


Oleh :
Anggytha Putrie Alvio Mahho Ghanny - D1417004 - Fak. ISIP

RINGKASAN EKSEKUTIF

Perkembangan media penyiaran memungkinkan orang di dunia dapat berkomunikasi dan mengetahui apa yang sedang terjadi, dikarenakan adanya media penyiaran tersebut. Salah satu dari media penyiaran adalah media televisi, dimana media televisi saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Media penyiaran mengalami perkembangan yang begitu pesat. Media penyiaran sendiri ada media televisi, media radio, serta media cetak. Penyiaran dalam masyarakat, ketiga media tersebut memiliki sifat yang berbeda. Televisi memiliki pengaruh lebih besar kepada masyarakat dibandingkan dengan media lain. Sehingga, penulis membahas lebih dalam tentang televisi, mulai dari perkembangan, fungsi, ciri-ciri, format televisi, sampai dengan jurnalistik televisi.

Dibalik perkembangan televisi yang begitu pesat, ada para pekerja yang bekerja keras menyiarkan informasi kepada masyarakat, antara lain adalah reporter, kameramen, editor, dan pekerja lain yang bekerja di bidang pertelevisian. Disini, penulis menjelaskan tentang editor lebih mendalam, karena editor memiliki peran penting dalam penyuntingan hasil akhir informasi yang akan disebarluaskan kepada masyarakat.

Salah satu penyiaran televisi di Indonesia adalah TvOne. Selama kurang lebih 18 tahun, tvOne sudah memberikan jasa besar dalam memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia.

Sebagai stasiun televisi swasta yang besar, tentunya TvOne memiliki cabang pertelevisian biro di berbagai wilayah. Salah satunya adalah TvOne Biro Yogyakarta, dimana penulis magang di biro pertelevisian tersebut.

Penulis magang sebagai editor di TvOne Biro Yogyakarta tersebut, dikarenakan penulis ingin mengetahui bagaimana bagaimana proses kerja di biro pertelevisian tersebut dari mulai mencari berita sampai mengolahnya menjadi sebuah berita yang dikirimkan ke pusat, dan berita tersebut dapat diterima oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Dalam waktu kurang lebih 2 bulan ini, penulis mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran selama melakukan magang di TvOne Biro Yogyakarta.

Penulis mengamati bahwa para kru yang berkerja di TvOne Biro Yogyakarta tersebut, tidak mudah dalam melakukan semua pekerjaannya. Disini, penulis merasakan betul bagaimana kegiatan memproduksi sebuah berita di biro pertelevisian. Kesimpulannya, kegiatan magang yang dilakukan oleh penulis di TvOne Biro Yogyakarta menambah pengalaman pengetahuan yang lebih besar tentang dunia penyiaran di lapangan.