Abstrak


Perlindungan Hukum terhadap Tenaga Kerja Outsourcing (Studi Pada PT Sejahtera Utama Solo di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Moewardi Surakarta)


Oleh :
Rashda Bintang Muhammad - E0016354 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Rashda Bintang Muhammad. E0016354.PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA OUTSOURCING (STUDI PADA PT.SEJAHTERA UTAMA SOLO DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.MOEWARDI SURAKARTA).Fakultas Hukum UNS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pekerja outsourcingatau biasa disebut alihdaya di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Moewardi Kota Surakarta mendapatkan hak-hak pekerja sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan pekerja outsourcing bagian cleaning service di Rumah Sakit Umum Daera Dr.Moewardi Kota Surakarta. Sumber data sekunder berasal dari literatur, buku-buku ilmiah, jurnal, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian.
Pelaksanaan kerjasama  antara PT.Sejahtera Utama Solo sebagai perusahaan penyedia outsourcing  di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Moewardi Surakarta dengan pekerja outsourcing PT.Sejahtera Utama Solo menuai beberapa hambatan yang di rasakan oleh pekerja outosurcing dalam hal jam kerja yang berlebihan dengan tidak adanya upah lembur, cuti melahirkan tanpa adanya upah, dan keselamatan kerja yang terbatas. Mengingat bahwa pekerja outsourcing bagian cleaning service adalah bagian pekerjaan yang beresiko tinggi terpapar banyak penyakit karena berurusan dengan kebersihan seharusnya perusahaan memberikan hak-hak pekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.