Abstrak


Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei Tahun 2015-2017)


Oleh :
Nurutsaqofi - F0315066 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh struktur kepemilikan terhadap kualitas audit. Struktur kepemilikan dalam penelitian ini dikategorikan menjadi kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, kepemilikan institusional, dan kepemilikan publik.
Objek dari penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2017 dan menerbitkan laporan keuangan tahunan. Data yang ada pada laporan keuangan tahunan digunakan sebagai data sekunder dalam penelitian kali ini. Jumlah populasi sebanyak 132 dengan sampel penelitian sebanyak 33. Kualitas audit diukur dengan menggunakan variabel dummy, jika perusahaan menggunakan jasa audit dari KAP Big 4 akan mendapat nilai 1 (satu) dan 0 (nol) jika KAP tidak termasuk dalam KAP Big 4. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi logistik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, kepemilikan institusional, serta kepemilikan publik cenderung berpengaruh positif terhadap kualitas audit.


Kata Kunci : Kualitas audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, kepemilikan institusional, kepemilikan publik.