Abstrak


Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Media Sosial Instagram Kumparan dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA


Oleh :
Ulya Nurul Azizah - K1215049 - Fak. KIP

ABSTRAK

Ulya Nurul Azizah. K1215049. PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KUMPARAN DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) penerapan prinsip kesantunan bahasa pada kolom komentar Instagram Kumparan berdasarkan teori Leech; (2) fungsi penggunaan prinsip kesantunan berbahasa pada kolom komentar Instagram Kumparan; (3) pemanfaatan hasil kajian kesantunan berbahasa pada kolom komentar Instagram Kumparan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sumber data yang digunakan adalah dokumen dan informan. Dokumen yang digunakan ialah komentar Instagram Kumparan, sedangkan informannya ialah guru sekolah menengah atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka, analisis dokumen, dan wawancara. Validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pada kolom komentar akun Instagram Kumparan, ditemukan pematuhan empat maksim kesantunan berbahasa yang terdiri dari maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpatian.; (2) Fungsi penggunaan prinsip kesantunan berbahasa yang ditemukan diantaranya menunjukkan penghargaan baik terhadap mitra tutur maupun orang ketiga yang terlibat di dalam konteks, menunjukkan ketidakangkuhan/kesederhanaan penutur, menunjukkan kesamaan pendapat dengan mitra tutur, memberikan penguatan terhadap mitra tutur, dan menunjukkan kepedulian terhadap mitra tutur maupun orang ketiga yang terlibat di dalam konteks.; (3) komentar dalam akun Instagram Kumparan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Prinsip Kesantunan Berbahasa, Fungsi Penggunaan Prinsip Kesantunan Bahasa, Komentar Instagram Kumparan, Pembelajaran Bahasa