Abstrak


Rancang Bangun Media Pembelajaran 3D Anatomi Tubuh Manusia Studi Kasus Urinaria


Oleh :
Anggi Sulistiawan - M3117013 - Sekolah Vokasi

Abstrak

Anatomi adalah suatu ilmu yang mempelajari struktur suatu bagian tubuh dan keterkaitan  dengan  bagian  tubuh  yang  lain.  Anatomi tubuh  tersusun  dari  sel, jaringan, organ, dan sistem organ. Sistem organ merupakan bagian yang menyusun tubuh manusia. Sistem ini terdiri atas berbagai jenis organ, yang memiliki struktur dan fungsi yang khusus. Ada 12 sistem organ pada anatomi tubuh, 5 diantaranya yaitu sistem pernapasan, sistem saraf, sistem pencernaan, sistem reproduksi dan sistem urinaria.
Pembelajaran anatomi tubuh manusia menjadi materi penting yang harus dipelajari dalam Pendidikan Kesehatan salah satunya pada jurusan ilmu kedokteran. Media pembelajaran yang saat ini digunakan yaitu melalui bagian tubuh manusia yang telah diawetkan secara langsung, namun hal ini menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif untuk membantu mahasiswa mempelajari materi anatomi tubuh manusia mengenai salah satu sistem organ urinaria dengan menggunakan teknologi virtual Reality.
Adapun metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini yaitu Multimedia Development Life Cycle versi Luther-Sutopo yang terdiri dari 6 tahap. Konsep (Concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Distribusi (Distribution).
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi multimedia yang menyajikan objek materi anatomi tubuh manusia terutama pada sistem organ urinaria dalam bentuk visual 3D. Diharapkan dengan adanya aplikasi virtual reality ini dapat memudahkan mahasiswa dalam mempelajari materi anatomi tubuh secara real-time.

 

Kata Kunci : Virtual Reality, 3D, Anatomi Tubuh Manusia, Sistem Urinaria.