Abstrak


Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kompensasi Manajemen terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur dan Pertambangan di BEI Tahun 2015-2018


Oleh :
Eflyna Putri - F0316030 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan membuktikan secara empiris pengaruh corporate social responsibility dan kompensasi manajemen yang dilakukan pada perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 14 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 56 pengamatan. Penelitian ini menggunakan book tax differences (BTD) sebagai alat untuk mengukur penghindaran pajak perusahaan. Corporate social responsibility diukur menggunakan indeks GRI, sedangkan kompensasi manajemen  diukur  berdasarkan  total  gaji  dan  bonus  dewan  direksi.  Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan bantuan program aplikasi Eviews 10.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Kompensasi manajemen berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak yang menunjukkan bahwa perusahaan yang membagikan kompensasi manajemen yang tinggi kemungkinan mengalami peningkatan dalam melakukan tindakan penghindaran pajak.
Kata  kunci:  penghindaran  pajak,  corporate  social  responsibility,  kompensasi manajemen