Abstrak


Biomassa Tanaman, Karbon Vegetasi, Produksi dan Dekomposisi Seresah Pada Beberapa Tipe Penggunaan Lahan di Sub-Das Serang


Oleh :
Susanti - H0714137 - Fak. Pertanian

RINGKASAN
BIOMASSA TANAMAN, KARBON VEGETASI, PRODUKSI DAN DEKOMPOSISI SERESAH PADA BEBERAPA TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI SUB-DAS SERANG. Skripsi: Susanti (H0714137). Pembimbing:Jaka Suyana, Dwi Priyo A, Sri Budiastuti. Program Studi: Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.
Sub-DAS Serang merupakan kawasan yang saat ini banyak terjadi alih fungsi lahan dari hutan menjadi non hutan. Hal ini berdampak pada jumlah tanaman yang berkurang. Disisi lain, tanaman sangat dibutuhkan mengingat fungsinya mampu menyerap karbon di udara yang saat ini terus meningkat karena aktivitas manusia. Studi ini tetang penghitungan karbon yang terdapat pada beberapa jenis penggunaan lahan, sehingga dapat diketahui kemampuan penyimpanan masing masing tipe penggunaan lahan. Tujuan dilakukannnya penelitian ini adalah, untuk mengetahui besarya karbon yang tersimpan di masing masing tipe penggunaan lahan.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2017- Januari 2018. Tempat penelitian dilaksanakan di Sub-DAS Serang Daerah Tangkapan Waduk (DTW) Kedung Ombo Propinsi Jawa Tengah yang termasuk wilayah Administratif Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah dan Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan metode survei yang bersifat diskriptif ekploratif. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified purpusive sampling. Variabel pengamatan meliputi biomassa tanaman, karbon vegetasi, produksi seresah dan dekomposisi seresah. Penghitungan karbon menggunakan rumus Allometrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu memiiki kemampuan menyimpanan karbon paling tinggi, dan laju dekomposisi lebih rendah di bandingkan kebun campuran dan hutan rakyat. Sehingga Hutan Taman Nasional Gunung merbabu dapat dijadikan acuan dalam pemilihan tanaman.