Abstrak


Penilaian Kelelahan Kerja Berdasarkan Cardiovasculair Load dan Kuisioner Skala Penilaian Kelelahan pada Operator dan Mekanik di PT Saptaindra Sejati Site Sera


Oleh :
Alvin Mulia Cahyarini - R0017010 - Sekolah Vokasi

Latar Belakang : Kelelahan kerja merupakan penyebab terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelelahan kerja berdasarkan faktor-faktor kelelahan kerja menggunakan pengukuran cardiovasculair load dan kuisioner skala penilaian pada operator dan mekanik di PT. Saptaindra Sejati Site Sera.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui tingkat kelelahan dan juga mendeskripsikan penilaian kelelahan kerja berdasarkan faktor- faktor kelelahan kerja pada operator dan mekanik di PT. Saptaindra Sejati Site Sera.

Hasil : Dari hasil penilaian kelelahan kerja secara objektif berdasarkan cardiovasculair load (%CVL) dari sebanyak 45 pekerja operator dan mekanik, pekerja tidak mengalami kelelahan sebanyak 35 orang dengan persentase 77,78?n memerlukan perbaikan sebanyak 10 orang dengan presentase 22,22%. Sedangkan secara subjektif kuisioner skala penilaian kelelahan (SPK) disimpulkan bahwa persentase pekerja yang mengalami kelelahan rendah yaitu 100% (seluruhnya).  Berdasarkan  faktor-faktor  kelelahan  kerja  banyak  pekerja  yang masih berusia muda (usia <45>

Simpulan: Berdasarkan faktor-faktor kelelahan kerja, bertambahnya usia, masa kerja, lama kerja, beban pekerjaan, iklim kerja dan kebisingan   mempengaruhi kelelahan kerja dan memerlukan pengendalian.

Kata   kunci   :   Kelelahan   Kerja,   Cardiovasculair   Load,   Kuisioner   Skala
Penilaian Kelelahan.