Abstrak


Perlindungan Konsumen Dalam Medication Error Oleh Apoteker Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Pemberian Obat Kedaluwarsa Kepada Ibu Hamil Oleh Apoteker Puskesmas Kelurahan Kamal Muara Jakarta)


Oleh :
Bartolomeus Riyan Putranto - E0016098 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Bartolomeus Riyan Putranto. E0016098. 2019. Perlindungan Konsumen Dalam Medication Error Oleh Apoteker Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Pemberian Obat Kedaluwarsa Kepada Ibu Hamil Oleh Apoteker Puskesmas Kelurahan Kamal Muara Jakarta). Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret. 

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana standar norma yang harus diberikan oleh pelaku usaha kepada kepada konsumen dengan membahas mengenai perlindungan hukum yang diberikan untuk konsumen apabila terjadi medication error oleh apoteker. Hal ini sangat penting mengingat konsumen sering menjadi pihak yang lemah kedudukannya apabila dirugikan oleh pelaku usaha yang salah satunya apoteker. Apoteker dalam menjalankan profesinya memberikan layanan kesehatan kepada pasien selaku konsumen harus memperhatikan standar pelayanan dan juga etika yang telah ditetapkan. Namun, berdasarkan kasus yang terjadi di Puskesmas Kamal Muara apoteker tidak menerapkan standar pelayanan dan etika yang ditetapkan, sehingga pasien selaku konsumen mengalami kerugian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian yang bersifat normatif yang mengacu pada norma-norma hukum dengan menggunakan studi kepustakaan serta wawancara. Adanya Undang-Undang Kesehatan dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dirasa belum dapat melindungan hak pasien selaku konsumen. Upaya untuk ganti kerugian dari pelaku usaha kepada konsumen sebagai bentuk pertanggungjawaban yang melakukan kelalaian juga masih dirasa sangat lambat dalam proses penyelesaiannya. 

Kata kunci : PERLINDUNGAN KONSUMEN, MEDICATION ERROR, APOTEKER