Abstrak


Analisis Tingkat Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Revised Bloom’s Taxonomy pada Proses Kognitif Ditinjau dari Karakteristik Berpikir Siswa (Studi Kasus di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar)


Oleh :
Faizal Fahmi Azzindani - K1315020 - Fak. KIP

ABSTRAK

 

Faizal   Fahmi  Azzindani. ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINIER BERDASARKAN REVISED BLOOM’S TAXONOMY PADA PROSES KOGNITIF DITINJAU DARI KARAKTERISTIK BERPIKIR SISWA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April, 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kognitif siswa dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan revised bloom’s taxonomy yang ditinjau dari karakteristik berpikir pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek yang digunakan yaitu teknik purposive inklusiv. Ada empat kelompok subjek pada penelitian ini, yaitu kelompok siswa dengan karakteristik berpikir Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). Pada setiap kelompok dari keempat kelompok tersebut diambil subjek untuk dianalisis tingkatan kognitifnya. Data karakteristik cara berpikir siswa diperoleh dari hasil angket karakteristik berpikir. Kemudian data tingkat kognitif siswa didapat dari hasil tes tingkat kognitif dan hasil wawancara dengan subjek terpilih. Validasi data menggunakan teknik ketekunan pengamatan. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data.

Hasil penelitian adalah. 1) Siswa dengan karakteristik berpikir Sekuensial Konkret (SK) telah mencapai tingkat kognitif Remember C1, kemudian tingkat kognitif Understand C2, Apply C3, Analyze C4, dan Evaluate C5 belum sempurna, serta tidak mencapai tingkat kognitif Create C6. 2) Siswa dengan karakteristik berpikir Sekuensial Abstrak (SA) pada tingkat kognitif Remember C1, Understand C2, Apply C3, Analyze C4, dan Evaluate C5 belum sempurna, serta tidak mencapai tingkat kognitif Create C6. 3) Siswa dengan karakteristik berpikir Acak Konkret (AK) telah mencapai tingkat kognitif Remember C1 dan Analyze C4. Kemudian pada tingkat kognitif Understand C2, Apply C3, dan Evaluate C5 belum sempurna, serta tidak mencapai tingkat kognitif Create C6. 4) Siswa dengan karakteristik berpikir Acak Abstrak (AA) telah mencapai tingkat kognitif Remember C1 dan Analyze C4. Kemudian pada tingkat kognitif Understand C2, Apply C3, dan Evaluate C5 belum sempurna, sedangkan pada tingkat kognitif Create C6 tidak tercapai.

Kata kunci: Karakteristik Berpikir, Program Linier, Revised Bloom’s Taxonomy, Tingkat Kognitif