Abstrak


Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Lempar Tangkap dan Pukul pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Karangasem 1 No.61 Surakarta Tahun 2019/2020


Oleh :
Yunda Malindo Sakti - K4616091 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif lempar tangkap dan pukul pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem 1 No. 61. Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua  kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem 1 No. 61 Surakarta yang berjumlah 34 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik putra dan 19 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar gerak dasar manipulatif lempar tangkap dan pukul peserta didik pada siklus I dari 34 peserta didik mencapai 67,6% atau sebanyak 23 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas dan pada siklus II meningkat 82,3% atau sebanyak 28 peserta didik sedangkan 6 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Hasil data penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif lempar tangkap dan pukul pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem 1 No. 61 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Gerak Dasar Manipulatif Lempar Tangkap dan Pukul, Model Problem Based Learning.