Abstrak


Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek 60 Meter pada Peserta Didik Kelas VII E SMP Negeri 1 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun 2019/2020


Oleh :
Zelin Avrila Putri - K4616093 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek   dengan   penerapan   metode   cooperative  learning   tipe  TGT   seperti permainan tic-tac-toe, halang rintang, hitam hijau, dan mengejar bola pada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 1 Kebakkramat tahun ajaran 2019/2020.

Penelitian ini   merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam satu siklus dan terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelass VII E SMP Negeri 1 Kebakkramat yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Sumber data penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan teknik persentase untuk melihat kecenderungan  yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Aspek yang dinilai dalam pembelajaran ada
3 dengan masing-masing target: aspek koognitif 80%, aspek psikomotor 80?n aspek afektif 100%.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh sebagai berikut: pada pra siklus aspek koognitif siswa yang tuntas hanya 20 siswa atau 62,50% sedangkan pada aspek psikomotor yang tuntas hanya 18 siswa atau 56,25%. Pada siklus 1 aspek koognitif yang tuntas adalah 27 siswa atau 84,37%,  aspek psikomotor 26 siswa atau 81,25?n aspek afektif sejumlah 32 siswa atau 100% tuntas.

Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatan hasi belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kebakkramat Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata kunci : Hasil Belajar, Lari Jarak Pendek, Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament.