Abstrak


Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Grabfood pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Alfanny Nugraheni Putri Yudiawati - F0116004 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi pada khususnya media internet merupakan akses bagi perusahaan penyedia layanan jasa yang saat ini paling mudah untuk dicapai oleh berbagai kalangan. Penyedia jasa transportasi online menjadi bisnis yang sedang trend di kalangan masyarakat. GrabFood merupakan salah satu layanan pesan antar makanan dalam perusahaan transportasi online Grab yang menguasai pasar di Indonesia. Penelitian ini mencoba menganalisis faktor - faktor yang dapat berpengaruh pada keputusan mahasiswa Universitas Sebelas Maret untuk menggunakan layanan GrabFood.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan unit analisis responden mahasiswa aktif Universitas Sebelas Maret dan pernah menggunakan   aplikasi   Grab.   Jumlah   sampel   yang   diambil   sebanyak   150 responden yang terdiri dari 136 responden pernah melakukan pemesanan pada layanan GrabFood dalam kurun waktu sebulan dan 14 responden tidak pernah melakukan pemesanan pada layanan GrabFood dalam kurun waktu sebulan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan empat variabel yang terdiri dari brand image, potongan harga, pendapatan dan cuaca. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel brand image, potongan  harga, pendapatan  dan  cuaca memiliki pengaruh  positif dan signifikan  terhadap  keputusan  mahasiswa  untuk  menggunakan  layanan GrabFood.

Kata kunci : Keputusan Menggunakan Grabfood, Brand Image, Potongan Harga, Pendapatan, Cuaca, Regresi Logistik.