Abstrak


Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Probing –Prompting Learning (PPL) pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas SD Negeri Tegalrejo Tahun Ajaran 2019/2020)


Oleh :
Kusniyah Ningrum - K7116095 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada soal cerita matematika melalui penerapan model Probing-Prompting Learning (PPL). Model Probing-Prompting merupakan model pembelajaran yang membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran, membutuhkan konsentrasi, penuh dengan tantangan dan pembiasaan memecahkan masalah. Keterampilan pemecahan masalah harus diajarkan sejak Sekolah Dasar sehingga peserta didik dapat memecahlan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.  
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Pelaksanakaan PTK terdapat empat tahapan yang meliputi : 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Tegalrejo tahun ajaran 2019/2020  yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi dengan analisis data triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles-Huberman. 
Hasil keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas IV pada tes pratindakan menunjukan 25% secara klasikal. Siklus 1 pada pertemuan 1 persentase sebesar 42% secara klasikal, pertemuan 2 sebesar 54% secara klasikal, dan pertemuan 3 sebesar 58% secara klasikal. Penelitian dilanjutkan pada siklus 2 dengan persentase pada pertemuan 1 sebesar 67% secara klasikal, pertemuan 2 sebesar 79% secara klasikal, dan pertemuan 3 sebesar 79% secara klasikal. Tindakan pada setiap pertemuan dalam siklus mengamalami kenaikan persentase ketercapaian keterampilan pemecahan masalah. Maka dari itu penerapan model Probing-Prompting Learning (PPL) dapat meningkatkan keterampilan  pemecahan masalah pada soal cerita matematika.  

Kata Kunci: keterampilan pemecahan masalah, model probing-prompting learning, soal cerita mmatematika