Abstrak


Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Materi Gejala Pemanasan Global Kelas XI MIPA SMA


Oleh :
Adventia Putri Pradita - K2316002 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun perangkat pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada materi gejala pemanasan global kelas XI MIPA SMA; (2) mengetahui kriteria perangkat pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada materi gejala pemanasan global kelas XI MIPA SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis; (2) design; (3) development. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Sumber data berasal dari 2 orang ahli, 3 orang guru Fisika SMA, dan 102 orang siswa. Semua guru dan siswa berasal dari 3 sekolah yang berbeda yaitu SMA Negeri 1 Sukoharjo, SMA Negeri 2 Sukoharjo, dan SMA Negeri 3 Sukoharjo. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Tahap pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis proyek ini meliputi: (a) tahap analisis dengan mencari informasi mengenai kebutuhan perangkat berbasis proyek, (b) tahap desain dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, menghasilkan 3 komponen yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rancangan Proyek. (d) tahap pengembangan dengan melakukan validasi ahli dan guru dilanjutkan proses revisi sesuai dengan masukan dari ahli dan guru, kemudian tahap pengujian LKPD kepada peserta didik serta melakukan revisi sesuai dengan saran serta masukan dari peserta didik.  (2) Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini diperoleh perangkat pembelajaran fisika berbasis proyek pada materi Gejala Pemanasan Global kelas XI MIPA memenuhi kriteria sangat baik sesuai dengan indikator kriteria Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rancangan Proyek serta layak digunakan dalam pembelajaran. kesimpulan ini diperoleh dari hasil validasi ahli dan guru, hasil penilaian peserta didik pada uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan.


Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, Project Based Learning, Gejala Pemanasan Global.