Abstrak


Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Menggunakan Program Anbuso di SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Rina Irawati - K2316049 - Fak. KIP

Abstrak

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif berbantuan program AnBuso versi 8.0. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Sumber data pada penelitian yaitu soal PAS fisika kelas XI semester gasal tahun ajaran 2019/2020, kunci jawaban, kisi-kisi soal beserta jawaban peserta didik satu angkatan kelas XI SMA N 1 Boyolali. Analisis butir soal dilakukan untuk mengetahui aspek daya beda, tingkat kesukaran, efektivitas  pengecoh, dan kualitas setiap butir beserta ketuntasan tiap-tiap indikatornya. Jumlah soal yang dianalisis sebanyak 35 pilihan ganda. Pada penelitian ini peneliti melibatkan 200 peserta didik sebagai sampel yaitu 100 peserta didik dari kelompok atas dan 100 peserta didik dari kelompok bawah sedangkan untuk mengetahui ketuntasan setiap indikator peneliti melibatkan semua peserta didik kelas XI.
Berdasarkan hasil analisis soal PAS kelas XI MIA SMA Negeri 1 Boyolali dapat disimpulkan bahwa : (1) Soal masuk kategori baik yaitu daya beda baik atau cukup, semua alternatif jawaban efektif, dan tingkat kesukaran sedang sebanyak 16 butir (45,71%). (2) Indikator yang tuntas yaitu pada sub materi momen gaya (butir soal nomor 3) dan sub materi prinsip kerja pesawat (butir soal nomor 13) karena indikator sudah dapat dikuasai oleh 85% peserta didik, sedangkan 33 indikator lainnya belum dapat dikuasai oleh 85% peserta didik.

Kata kunci : Analisis butir soal, daya beda, tingkat kesukaran, kualitas soal,  ketuntasan indikator