Abstrak


Evaluasi Kinerja Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Eco Jpo Gladhag Panti Husada Kota Surakarta


Oleh :
Mulya Gigih Setiawan - I 0113092 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Mulya Gigih Setiawan., 2020. Evaluasi Kinerja dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Eco JPO Gladhag Panti Husada Kota Surakarta. Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Eco JPO Gladhag Panti Husada merupakan proyek kerja sama antara Kementerian PUPR melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dengan Pemerintah Kota Surakarta yang berlokasi tepat di depan RSUD dr. Moewardi. Eco JPO mengusung konsep berkelanjutan yang mencakup aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendapatkan tingkat kepuasan pengguna serta rekomendasi proritas penanganan dari faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Eco JPO Gladhag Panti Husada.
Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada pengguna Eco JPO Gladhag Panti Husada. Hasil data yang diperoleh dikelompokkan menjadi dua, yaitu data karakteristik responden dan data penilaian responden. Hasil dari penilaian responden diolah dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mendapatkan tingkat kepuasan pengguna serta metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mendapatkan prioritas penanganan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Eco JPO Gladhag Panti Husada.
Berdasarkan hasil analisis tingkat kepuasan pengguna, didapati terdapat satu variabel dari ketiga belas variabel yang tingkat kepuasannya di bawah 50% yaitu variabel 11 (kebersihan). Sehingga secara umum bisa dikatakan bahwa pengguna Eco JPO Gladhag Panti Husada cukup puas dengan kondisi JPO yang ada saat ini. Kemudian berdasarkan hasil analisis empat kuadaran, didapati variabel yang masuk dalam prioritas penanganan utama yaitu variabel kebersihan serta variabel aksesibilitas. Sehingga kebijakan prioritas yang diutamakan antara lain; untuk variabel kebersihan yaitu pengadaan petugas kebersihan untuk membersihkan area JPO setiap hari, penambahan tempat sampah, serta peningkatan kesadaran pengguna akan kebersihan JPO dengan memasang papan himbauan menjaga kebersihan; untuk varibael aksesibilitas yaitu mengoperasikan lift (elevator) yang ada untuk aksesibilitas penyandang disabilitas dan lansia, memperbaiki permukaan lantai ramp (pelandaian) dan guiding block.
Kata kunci : Customer Satisfaction Index (CSI), Eco JPO (Jembatan Penyeberangan Orang),  Importance Performance Analysis (IPA).