Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SDN 1 Karangsari Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Asih Fitria Janti - K7116025 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret, (2) meningkatkan hasil belajar IPA tema Panas dan Perpindahannya dengan penerapan model Discovery Learning dengan media konkret, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Discovery Learning dengan media konkret.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model discovery learning dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema Panas dan Perpindahannya dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) pemberian rangsangan, (b) pengidentifikasian masalah, (c) pengumpulan data, (d) pengolahan data, (e) pembuktian, (f) penarikan kesimpulan; (2) penerapan model discovery learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema Panas dan Perpindahannya pada siswa kelas V SDN 1 Karangsari tahun ajaran 2019/2020 dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I= 87,75%, siklus II= 88,87%, dan siklus III= 91,54. Persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I= 85,65%, siklus II= 86,46%, dan siklus III= 88,14%. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I= 88,24, siklus II= 91,18, dan siklus III= 94,11%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: siswa membuat hipotesis tidak sesuai dengan percobaan, sedikit siswa yang berani bertanya, siswa tidak membuktikan hipotesis, beberapa siswa tidak aktif berkelompok, siswa bertanya menggunakan bahasa daerah yang kurang sopan, dan beberapa siswa belum memberikan tanggapan saat presentasi kelompok lain. Adapun solusinya yaitu guru mengarahkan siswa agar membuat hipotesis sesuai percobaan, guru memberikan motivasi, guru membuktikan hipotesis, guru meningkatkan penguasaan pengelolaan kelas, guru membimbing siswa untuk membiasakan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan siswa dibimbing untuk memberikan tanggapan.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema Panas dan Perpindahannya pada siswa kelas V SDN 1 Karangsari tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: model discovery learning, media konkret, IPA