Abstrak


Penggunaan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Peserta Didik Kelas V.G SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Dina Ramadhanti - K7116043 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik melalui penerapan model Cooperative Script pada peserta didik V.G SD Ta’Mirul Islam Kota Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Alternative yang digunakan yaitu melalui penggunaan model pembelajaran Coperative Script. hal ini dikarenakan model pembelajaran Cooperative Script memiliki langkah pembelajaran yang cocok untuk menunjang keterampilan membaca pemahaman peserta didik.  
Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas V.G SD Ta’Mirul Islam Kota Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang berisi beberapa tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan anlisis dokumen. Validitas data yang digunaka pada penelitian ini adalah validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi Teknik. Data kualitatif pada penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis interaktif (model Miles and Huberman), sedangkan data kuantitatif dalam penelitan ini dianalisis menggunakan model deskriptif komparatif.
Hasil dari Penelitian ini memperoleh keberhasilan dalam meningkatkan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II, nilai rata-rata siklus I yaitu 71,73 dengan ketuntasan klasikal 36,84%, meningkat pada siklus II yaitu 85,18 dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik keas V.G SD Ta’Mirul Islam Kota Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Cooperative Script, Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman, Membuat Kesimpulan