Abstrak


Sistem Informasi Pengadaan Barang/Jasa Melalui E-Procurement di PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta


Oleh :
Haliza Rachma Putri - D1517045 - Sekolah Vokasi

PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta sebagai badan usaha milik negara yang menjalankan bisnis di bidang kelistrikan dan bidang lainnya yang terkait harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya masyarakat di Solo Raya dengan cara membangun sistem yang efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional, salah satunya kegiatan pengadaan barang/jasa. Pengadaan barang/jasa di PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta sejak tahun 2016 telah mengalamai perubahan dari pengadaan barang/jasa secara konvensional menjadi elektronik. Pengamatan dalam Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sistem Informasi Pengadaan Barang/Jasa melalui E-Procurement di PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta.
Jenis Pengamatan yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah pengamatan langsung, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Penulis melakukan pengamatan secara partisipasi aktif.
Hasil pengamatan ini memberikan gambaran mengenai proses pengadaan barang/jasa di PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta yang sudah dilakukan secara elektronik dan dalam pelaksanaannya menjadi lebih efektif dan efisien. Perubahan ini memudahkan kegiatan pengadaan barang/jasa yang semula harus dilakukan di satu tempat dalam satu waktu, kini bisa dilakukan dimana saja selama terdapat jaringan internet. Perubahan ini juga memberikan dampak baik dalam hal pengeluaran anggaran perusahaan khususnya pengeluaran atas biaya administrasi dan biaya prosedural pengadaan barang/jasa. Sistem Informasi Pengadaan Barang/Jasa di PT. PLN (Persero) UP3 Surakarta ini melibatkan beberapa komponen yang saling membentuk satu kesatuan untuk menjalankan fungsinya yaitu pengolahan data dan menghasilkan informasi yang akurat dan relevan, komponen tersebut berupa masukan (dokumen-dokumen dasar), model (kombinasi prosedur dan logika), keluaran (informasi dan dokumentasi), teknologi (perangkat keras, perangkat lunak dan teknisi), database (sekumpulan data) dan kendali (pencegah kerusakan sistem informasi).

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengadaan Barang/Jasa, E-Procurement