Abstrak


Iklim Organisasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Pada PT PLN (Persero) UIP JBT II Region Jawa Tengah dan DIY


Oleh :
Muhammad Zuhdan - D1517055 - Sekolah Vokasi

Pengamatan ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan bagaimana iklim organisasi dan upaya penciptaan lingkungan kerja serta unsur apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Pengamat menggunakan metode deskriptif dan kualitatif serta dokumentasi yang berada di lapangan (perusahaan) kemudian  dijelaskan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil pengamatan yang dilakukan di lapangan menunjukan, Pada PT PLN (Persero) UIP JBT II Region Jawa Tengah dan DIY Iklim organisasi dan Lingkungan kerja serta unsur pendorong produktivitas kerja, oleh PT PLN (Persero) UIP JBT II Region Jawa Tengah dan DIY sudah dibangun atau diciptakan dengan baik, yaitu dapat dilihat dari bagian iklim organisasi PT PLN (Persero) UIP JBT II Region Jawa Tengah dan DIY sudah menerapkan dan mengimplementasikan beberapa kaidah unsur dan karakteristik iklim organisasi di perusahaanya, diantaranya yang sudah diterapkan anatara lain; etos kerja, kualitas kepemimpinan, kepercayaan, hubungan karyawan dan tanggung jawab. Adapun juga lingkungan kerja , baik lingkungan kerja fisik atau non fisik di PT PLN (Persero) UIP JBT II Region Jawa Tengah dan DIY sudah di ciptakan sebaik mungkin dan tepat sasaran diantaranya; pewarnaan, pencahayaan, fasilitas kerja, tingkat kebisingan, tingkat kemanan. Adapun PT PLN (Persero) UIP JBT II Region Jawa Tengah dan DIY juga mendorong unsur internal dalam mendorong produktivitas kerjanya, diantaranya; sikap mental, kemampuan dan ketrampilan, lingkungan dan iklim kerja, hubungan atasan dan bawahan, fasilitas terbaik.

Kata Kunci: Iklim Organisasi, Produktivitas Kerja