Abstrak


Sistem Pembayaran Ekspor Garmen Dengan Metode Letter Of Credit dan Telegraphic Transfer Pada PT. Sari Warna Asli Garmen Surakarta


Oleh :
Nabila Qori Nursita - D1517056 - Sekolah Vokasi

PT. Sari Warna Asli Garmen Surakarta adalah perusahaan garmen berskala besar yang memiliki banyak buyer dan telah mengekspor  hasil produksinya ke berbagai negara. Tujuan pengamatan ini untuk mengetahui sistem pembayaran ekspor garmen dengan metode Letter of Credit dan Telegraphic Transfer pada PT. Sari Warna Asli Garmen Surakarta.
Landasan teori dari penulisan tugas akhir ini adalah buku-buku yang didalamnya terdapat pengertian mengenai Sistem Pembayaran, Ekspor, Pembayaran Internasional, Letter of Credit, UCP 600,  Telegraphic Transfer. Yang didalamnya terdapat suatu rangkaian sistem pembayaran ekspor  yang saling berhubungan.      
Penulisan tugas akhir ini menggunakan jenis pengamatan observasi partisipatif yang melibatkan diri secara langsung dengan kegiatan atau objek  yang diamati. Sumber data yang digunakan meliputi narasumber dan dokumen-dokumen  berkaitan yang ada dari perusahaan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara, observasi dan pengkajian dokumen.
Berdasarkan  pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis di PT. Sari Warna Asli Garmen Surakarta menunjukan bahwa sistem pembayaran ekspor garmen pada PT. Sari Warna Asli Garmen Surakarta adalah dengan Sight Letter of Credit  dan Telegraphic TransferAdvanced Payment, serta sistem pembayaran Letter of Credit adalah sistem yang dinilai paling aman untuk diterapkan karena lebih minim dari resiko.

Kata Kunci  : Sistem, Pembayaran Ekspor, Letter of Credit, Telegraphic Transfer