Abstrak


Prosedur Pengadaan Barang Penunjang Operasional di PT. PLN (Persero) UP3 Sukoharjo


Oleh :
Nilna Qurrotaa’yun - D1517062 - Sekolah Vokasi

PT. PLN (Persero) UP3 Sukoharjo merupakan perusahaan penyedia tenaga listrik
di Sukoharjo. Salah satu penunjang kinerja PT. PLN (Persero) UP3 Sukoharjo adalah barang-barang operasional seperti kabel, trafo, tiang listrik, dan sebagainya. Pengamatan dalam Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan Prosedur Pengadaan Barang Penunjang Operasional di PT. PLN (Persero) UP3 Sukoharjo.
Jenis pengamatan yang digunakan oleh penulis adalah jenis Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi partisipasi aktif, mengkaji dokumen dan arsip, serta triangulasi data. Proses yang dilakukan oleh penulis dalam pengamatan ini adalah mengamati prosedur pengadaan barang penunjang operasional di PT. PLN (Persero) UP3 Sukoharjo.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Prosedur Pengadaan Barang Penunjang Operasioanal di PT. PLN (Persero) UP3 Sukoharjo menggunakan sistem lelang terbuka dengan  tahapan  antara lain:  Persiapan  Pengadaan,  Undangan  Pelelangan, Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Lelang, Penjelasan Pengadaan, Dokumen Penawaran,  Evaluasi  Dokumen  Penawaran,  Penetapan  Pemenang,  dan  Kontrak. Dalam  pelaksanaannya,  pengadaan  barang  di  PT.  PLN  (Persero)  UP3  Sukoharjo memiliki hambatan berupa koneksi internet yang kurang bagus dan kurangnya SDM
yang memahami tentang pelaksanaan pengadaan barang.

Kata Kunci : Prosedur, Pengadaan, Barang Operasional