Abstrak


Desain Interior Museum Permainan Tradisional Jawa Di Kota Surakarta (Cafetaria,Library,Exhibition Area)


Oleh :
Ghaluh Wilis Trihanningrum - C0816022 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Permasalahan pada perancangan Museum Permainan Tradisonal Jawa ini, Bagaimana mendesain interior museum permainan tradisional Jawa yang sesuai dengan fungsi dasar museum. Bagaimana mendesain interior museum permainan tradisional Jawa yang menarik bagi pengunjung terutama pelajar.

Perancangan ini dilatarbelakangi karena Museum Anak Kolong Tangga di Yogyakarta sudah ditutup sejak tanggal 4 Juli 2017 dengan alasan renovasi bangunan yang nantinya akan dijadikan Ticket Box pada Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Perencanaan dan perancangan Museum Permainan Tradisional Jawa di Surakarta  merupakan  tempat  untuk  menyimpan,  merawat  serta  memamerkan benda koleksi berbagai macam permainan di pulau Jawa.

Desain Interior Museum Permainan Tradisional Jawa di Surakarta ini dibatasi dengan fasilitas utama antara lain Ruang Penjaga, Lobby, Ruang Pameran Utama, Ruang Staff dan Administrasi, ruang Direktur, Workshop, Giftshop, Cafetaria, Area Baca, Ruang Kurator, Reparasi dan Penyimpanan Koleksi sedangkan fasilitas penunjang berupa Lavatory, Cleaning Service, dan Ruang CCTV dengan mempertimbangakn pemilihan warna yang berkaitan dengan modern-kontemporer dan pengembangan ide gagasan berupa gangsing yang diterapkan pada Desain Interior Museum Permainan Tradisional Jawa.

Perancangan Desain Interior Museum Permainan Tradisional Jawa di Surakarta dibuat dengan tujuan supaya masyarakat dapat mengetahui dan memahami   permainanan   tradisonal   yang   berada   di   pulau   Jawa   sehingga masyarakat dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai permainan tradisional terutama dari pulau Jawa

 

Kata  Kunci:  Modern-Kontemporer,  Museum,  Permainan  Tradisional,  Desain Interior