Abstrak


Desain Interior Panti Asuhan Anak Dengan Konsep Biophilic Design Di Surakarta


Oleh :
Karina Chandra Nauli - C0816028 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Desain Interior Panti Asuhan Anak dengan Konsep Biophilic Design di Surakarta. Pengantar Tugas Akhir : Program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta. Proyek Tugas Akhir ini bertujuan untuk menghasilkan desain interior Panti Asuhan Anak dengan konsep Biophilic Design. Permasalahan yang dibahas yaitu: 1) Bagaimana mendesain interior panti asuhan anak yang dapat memberikan ketenangan batin untuk meminimalisir tingkat depresi anak? 2) Bagaimana mendesain interior panti asuhan anak yang layak huni dan sesuai dengan tema Biophilic Design?

Perencanaan perancangan ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan desain interior panti asuhan yang layak huni dengan memberikan ruang yang leluasa bagi anak-anak. 2) Menghasilkan desain interior panti asuhan yang memberikan ketenangan batin untuk meminimlaisir tingkat depresi anak.

Metode desain yang digunakan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data, meliputi:studi literatur dan studi lapangan. Tahap kedua adalah analisa data dengan berdasarkan persyaratan khusus bangunan meliputi program ruang, sistem sirkulasi, dan sistem keamanan. Hasil analisa tersebut kemudian dikombinasikan dengan konsep perancangan berdasar pada pendekatan terpilih. Dari proses analisa tersebut dihasilkan sebuah desain interior Panti Asuhan Anak dengan konsep Biophilic Design.

 

Kata kunci : Desain interior, Panti Asuhan, Biophilic Design