Abstrak


Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakulikuler Lukis Payung pada Anak Tunarungu di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Fadhila Rizki Nugrahaningrum - K3215025 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pembelajaran ekstrakurikuler lukis payung pada anak tunarungu di SLB Negeri Surakarta yang meliputi tujuan, materi, metode, media dan evaluasi serta untuk mengetahui hasil karya dari pembelajaran lukis payung tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan berupa guru, siswa, dan hasil karya lukis. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Keabsahan data dicapai dengan menggunakan triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran esktrakulikuler lukis payung terdiri dari beberapa komponen pembelajaran yaitu; a) tujuan dari pembelajaran ekstrakulikuler lukis payung ini untuk mengembangkan keterampilan peserta didik agar menghasilkan sebuah produk lukis payung sehingga dapat meningkatkan dan menumbuhkembangkan kemandirian hidup siswa, b) materi yang disampaikan yaitu pengenalan alat dan bahan, serta proses pembuatan lukis payung, c) media pembelajaran yang digunakan berupa media visual seperti contoh hasil dari lukis payung serta sebagian gambar dari internet, d) proses pembelajaran lukis payung menggunakan metode ceramah, demonstrasi serta pendekatan pembelajaran secara individual, e) evaluasi pembelajaran dilakukan sekalian selama proses pembelajaran berlangsung melalui aspek afektif dan psikomotorik. 2) Hasil keseluruhan karya lukis payung para siswa dianggap sudah baik karna mereka mampu untuk menyelesaikan setiap karyanya dan dapat mengeksplorasi desain yang mereka buat.


Kata Kunci: Pembelajaran, Ekstrakulikuler, Lukis Payung, Tunarungu.