Abstrak


Perancangan Poster Sebagai Media Kampanye Pendidikan Seksual pada Remaja di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen


Oleh :
Yurinda Listiyani - K3216065 - Fak. KIP

Penelitian   ini   bertujuan   mengetahui   cara   mengembangkan   poster Kampanye Pendidikan  Seks  pada Remaja di  SMA  Trensains  Muhammadiyah Sragen dan mengetahui kelayakan media poster Kampanye Pendidikan Seks pada Remaja.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Subjek penelitian ini 2 guru umum dan 24 siswa SMA Trensains Muhammadiyah Sragen. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian validator serta lembar penilaian media dalam uji coba terbatas dan uji coba pemakaian. Teknik analisis deskriptif sesuai prosedur pengembangan.

Hasil penelitian menunjukkan cara mengembangkan poster Kampanye Pendidikan Seks pada Remaja di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, yaitu: 1) Observasi  sekolah;  2)  Mengkaji  isi  media  yang akan  dibuat;  3)  Merumuskan strategi dan cara pembuatan secara teknis merumuskan strategi dan cara pembuatan secara teknis yang terdiri dari Mencari materi-materi yang relevan dari sumber media yang mempunyai kredibilitas (Safe Net dan Yayasan Pulih), membuat ilustrasi dan font yang mendukung isi materi dengan Corel Draw, Melakukan desain kasar tata letak ilustrasi gambar, background, layout dan teks, memilih warna yang sesuai dengan media, finishing menata ulang desain dengan baik, setelah semua selesai, media Kampanye Pendidikan Seks pada Remaja dicetak dalam ukuran A3; 4) Membuat draft media Kampanye Pendidikan Seks pada Remaja; 5) Memilih ilustrasi yang akan digunakan dalam media yang sesuai dengan materi; 6) Menentukan poin-poin materi media kampanye Pendidikan Seks pada Remaja yang akan ditampilkan pada media; 7) Merancang dan menyelesaikan media kampanye Pendidikan Seks pada Remaja; 8) Melakukan validasi media dan revisi; 9) Melakukan penilaian media oleh guru umum dan siswa; dan 10) Melakukan penyempurnaan produk. Penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan. Hasil validasi ahli materi, ahli media, guru umum
1, guru umum 2 dan siswa pada media 1, 2 dan 3, mendapatkan skor baik. Dari hasil tersebut, terlihat bahwa media poster Kampanye Pendidikan Seks pada Remaja layak digunakan dengan kualitas yang baik.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Kampanye Pendidikan Seks, Desain
Komunikasi Visual