Abstrak


Analisis Kesesuaian Buku Teks Kimia Kelas X pada Materi Ikatan Kimia Ditinjau dari Kompetensi Dasar, Kedalaman Materi dan Penerapan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013


Oleh :
Agnys Dewi Kusumawati - K3316001 - Fak. KIP

Buku teks pelajaran merupakan sumber bahan ajar utama dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dinyatakan layak digunakan pada satuan pendidikan oleh Kemendikbud. Standar Nasional Pendidikan yang berpengaruh terhadap keluasan ilmu pada buku teks sehingga harus diperhatikan dan ada yaitu kompetensi dasar, kedalaman materi, dan pendekatan saintifik agar terbentuk buku yang berkualitas. Ketiga aspek tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  No.69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA dikategorikan baik dan memenuhi apabila memiliki persentase antara 80% sampai 90% apabila dibawah 70% maka masuk dalam kategori kurang atau memerlukan perbaikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku teks kimia kelas X pada materi Ikatan Kimia ditinjau dari kompetensi dasar, kedalaman materi dan penerapan pendekatan saintifik berdasarkan rumusan Kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 3 buku teks kimia kelas X Kurikulum 2013 yang paling banyak digunakan di SMA Negeri Se-Surakarta. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi buku teks. Instrumen analisis buku menggunakan lembaran alisis buku siswa berdasarkan Pedoman Kegiatan Pendampingan Implemetasi Kurikulum 2013.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa presentase terbesar kesesuaian buku teks kimia kelas X berdasarkan rumusan Kurikulum 2013 ditinjau dari 3 aspek yang dianalisis diperoleh buku A sebesar 85%, diikuti oleh buku C sebesar 82%, dan persentase terendah diperoleh buku  B sebesar 67%.

Kata Kunci: Analisis Kesesuaian Buku, Buku Teks Kimia, Rumusan Kurikulum 2013