Abstrak


Analisis Buku Teks Kimia Kelas XI Materi Termokimia Ditinjau Kesesuaian Isi dengan KD dan Kelayakan Kegrafikan


Oleh :
Yusril Lutvira Eka Fadhila - K3316070 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apa buku teks materi termokimia yang dianalisis sudah sesuai standar indikator kesesuaian isi dengan KD dan indikator kelayakan kegrafikan; (2) mengetahui hasil analisis ketiga buku teks materi termokimia menurut kesesuaian isi dengan KD dan indikator kelayakan kegrafikan, dan (3) mengetahui prosentase hasil ketiga buku teks terhadap kesesuaian isi dengan KD dan kelayakan kegrafikan.
Penelitian ini menyajikan analisis penilaian kelayakan isi buku yaitu kesesuaian isi buku teks materi termokimia kelas XI dengan KD kurikulum 2013 dan analisis kegrafikan. Penelitian ini dilakukan karena beberapa buku teks beredar yang telah diteliti sebelumnya belum sesuai kelayakan isi dengan KD dan kelayakan kegrafikan. Tiga buku teks dipilih yaitu X, Y dan Z secara purposive sampling, berdasarkan buku teks yang dipakai di sekolah SMA Negeri 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 Surakarta. Materi termokimia dipilih berdasarkan prosentase siswa menjawab benar dalam UNBK. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Prosentase buku teks materi termokimia X, Y dan Z berturut-turut berdasarkan kesesuaian isi dengan KD sebesar 83,33%, 83,33?n 58,33%. Sedangkan hasil prosentase analisis kelayakan kegrafikan buku X, Y dan Z berturut- turut sebesar 86,27%, 98,03?n 90,2%.

Kata Kunci : Buku, Kelayakan, Termokimia