Abstrak


Kajian Sosiologi Sastra dalam Naskah Drama Prasetyaku Karya Rudyaso Febriadhi dan Relevansinya dengan Materi Ajar Bahasa Jawa Sekolah Menengah Pertama


Oleh :
Prysila Damai Evaludy - K4216055 - Fak. KIP

Penelitian ini disusun guna mendeskripsikan struktur intrinsik, aspek-aspek sosiologi sastra dalam naskah drama Prasetyaku karya Rudyaso Febriadhi dan relevansinya dengan materi ajar bahasa Jawa KD 3.3 kelas IX Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Bentuk data yang digunakan dalam penelitian ini adalah naskah drama yang berjudul Prasetyaku karya Rudyaso Febriadhi. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan analisis dokumen. Teknik uji validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan Flow Model atau model mengalir menurut Miles dan Huberman. Adapun tahapan teknik analisis data Flow Model yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan yang terakhir penarikan simpulan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam naskah drama Prasetyaku mengandung struktur intrinsik di dalamnya. Struktur tersebut meliputi tema, amanat, tokoh, penokohan, alur, dan latar. Adapun aspek sosiologi yang terdapat di dalamnya yaitu aspek kekerabatan, aspek pendidikan, aspek moral, aspek sosial, aspek politik, dan aspek cinta kasih. Struktur intrinsik dan kajian sosiologi sastra pada naskah drama Prasetyaku tersebut direlevansikan dengan materi ajar bahasa Jawa KD 3.3 menelaah teks sandiwara Jawa kelas IX Sekolah Menengah Pertama.

Kata kunci: Naskah Drama, Struktur Intrinsik, Sosiologi Sastra, Materi Ajar.