Abstrak


Representasi Women Empowerment Dalam Film Komedi Percintaan (Analisis Semiotik Mengenai Representasi Women Empowerment dalam Film Crazy Rich Asians)


Oleh :
Intan Tawaddada Ilaiha - D0216049 - Fak. ISIP

Crazy Rich Asians merupakan sebuah film komedi percintaan yang mana banyak orang berfikir bahwa film komedi percintaan tidak memiliki nilai yang cukup tinggi dalam hal kedalaman makna film. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa film Crazy Rich Asians bukan hanya film komedi percintaan yang dangkal saja, namun film ini juga merefleksikan perbedaan pandangan tentang penggambaran  women empowerment  di Asia dan Amerika Serikat.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori semiotika dari Roland Barthes untuk menganalisis makna dalam film Crazy Rich Asians. Film sendiri merupakan  komunikasi  massa  yang  digunakan  untuk  menyebarluaskan  pesan yang terkandung di dalamnya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan studi dokumen. Data primer dalam penelitian ini terdiri dari kata, frasa, ucapan-ucapan, gambar adegan, dan fakta- fakta penting yang berkaitan dengan isu women empowerment di Amerika Serikat dan Asia.
Hasil dari penelitian ini yaitu penjabaran bagaimana bentuk women empowerment di Asia dan Amerika Serikat. Women empowerment di Asia bersifat lebih pragmantik dan masih berkutat dalam pembuatan keluarga, sedangkan di Amerika   Serikat   perkembangn   women   empowerment-nya   sudah   mencakup banyak aspek dan lebih liberal.

Kata kunci: Representasi, Film Komedi Percintaan, Women Empowerment, Asia dan Amerika Serikat