Abstrak


Pengembangan Instrument Test Long Passing pada Cabang Olahraga Sepakbola


Oleh :
Aan Ramadan - K5616001 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa alat ukur instrument test long passing, serta adanya pengembangan instrument karena instrument sebelumnya menggunakan 1 sasaran kombinasi persegi dan lingkaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa Putra Pembinaan Prestasi Sepakbola FKOR UNS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan persentase.
Hasil dari penelitian menunjukan: pada uji coba klompok kecil bahwa 21 subjek uji coba menyatakan tidak mudah untuk di lakukan sehinga perlu dilakukan revisi produk kemudian di uji cobakan kembali pada kelompok besar dengan melakukan long passing dengan instrument yang telah di revisi. Uji coba kelompok besar ini sebagai penguji validitas dan reliabiitas dengan di lakukan 2 kali peercobaan. Hasil uji validitas dan reliabilitas diperoleh nilai validitas long passing I 0.78 dan long passing II 0.70 sedangkan nilai reliabilitas long passing I 0.802 dan II long passing 0.852. Nilai tersebut lebih dari 0.60 yang artinya instrument long pasing bersifat valid dan reliabel. Hal ini berarti alat ukur atau instrument dapat menjalankan fungsi ukurnya atau memberikan hasil ukur yang tepat dan akurat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa alat ukur atau instrument test long passing cabang olahraga sepakbola dengan sasaran setengah lingkaran dalam 5 ukuran serta terdapat tiang setinggi 1 meter dan 3 meter.

Kata Kunci: Instrument Test, Long Passing, Penelitian Dan Pengembangan.