Abstrak


Motif dan Kepuasan Mendengarkan Podcast (Studi Korelasi Motif, Intensitas dan Kepuasan dalam Mendengarkan Channel Podcast “RAPOT” pada Platform Spotify di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi S1 Reguler FISIP UNS)


Oleh :
Zhafarina Zharfa - D0216115 - Fak. ISIP

Perkembangan secara pesat pada podcast di Indonesia terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini. Semenjak podcast dapat didengarkan melalui banyak media dan platform, podcast pun mulai marak didengarkan di Indonesia. Walaupun termasuk dalam salah satu bentuk media yang paling baru, podcast menjadi pilihan alternatif media yang digunakan oleh khalayak dalam memenuhi kepuasan menggunakan media. Pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh khalayak dengan rentang usia -24 tahun yang berpendidikan tinggi, seperti contohnya mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification untuk mengetahui tentang korelasi antara motif dan intensitas dalam mendengarkan channel podcast “Rapot” pada platform Spoify, korelasi antara intensitas dan kepuasan dalam mendengarkan channel podcast “Rapot” pada platform Spoify, dan korelasi antara motif dan kepuasan dalam mendengarkan channel podcast “Rapot” pada platform Spoify dengan menggunakan intensitas penggunaan sebagai variabel kontrol.
Penelitian korelasi ini melibatkan 59 responden yang pengambilannya menggunakan metode simple random sampling dari total populasi 141 mahasiswa Ilmu Komunikasi S1 Reguler FISIP Universitas Sebelas Maret yang mendengarkan channel podcast “Rapot” melalui Spotify. Populasi ini didapatkan dari hasil prasurvei yang dilakukan oleh peneliti. Hipotesis dari penelitian ini dibuktikan dengan melakukan pengujian menggunakan korelasi Parsial Rank Kendall pada program SPSS 16.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis terbukti memiliki hubungan signifikan, terindikasi dari nilai koefisien korelasi yang positif, dan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel dengan level signifikansi 95%. Hal ini disebabkan apabila salah satu variabel penelitian mengalami peningkatan, maka akan diikuti oleh peningkatan variabel lainnya.

Kata Kunci: Penelitian Korelasi, Uses and Gratifications, Podcasts