Abstrak


Kompetensi Komunikasi Penyiar Radio di Era Digital (Studi Deskriptif Kompetensi Komunikasi pada Penyiar Solo Radio dalam Menghadapi Persaingan Podcast)


Oleh :
Aditya Putra Dinata - D0216004 - Fak. ISIP

Pada era digital saat ini, meningkatnya popularitas Podcast menjadi kekhawatiran bagi media konvensional seperti radio untuk mempertahankan eksistensinya. Seperti laporan dari Lembaga Nielsen pada tahun 2014, pendengar radio menurun sekitar 3% tiap tahunnya dan berada dibawah internet. Oleh karena itu, penyiar radio sebagai “ujung tombak” dalam dunia radio memiliki tanggung jawab yang besar dalam menghadapi persaingan dengan media Podcast sebagai salah satu media yang tercipta dari internet dan memiliki kemiripan dengan radio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kompetensi komunikasi penyiar Solo Radio dalam menghadapi persaingan Podcast.
Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kompetensi komunikasi milik Brian Spitzberg dan William Cupach yang menekankan bahwa seorang komunikator yang berkompeten dapat dilihat dari 3 unsur yakni: knowledge (pengetahuan), motivasi, dan skill (teknik).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling pada penyiar Solo Radio serta informan yang terpilih merupakan informan yang sesuai dengan syarat atau kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan teknik milik Miles dan Hubberman yang merupakan analisis interaktif dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan
Dari hasil penelitian ini diperoleh jika kompetensi komunikasi penyiar Solo Radio sangat berperan dalam menghadapi persaingan Podcast. Penyiar Solo Radio meyakini unsur kompetensi komunikasi selalu dijalankan serta dipertahankan dalam setiap siaran. Unsur dalam kompetensi komunikasi yang paling dominan dan menarik adalah motivasi yang mengacu pada efektifitas komunikasi yang dikaitkan dengan karakter atau ciri khas penyiar Solo Radio. Kompetensi komunikasi dalam penyiar Solo Radio dinilai pula dapat membantu Solo Radio dalam menghadapi persaingan dengan media Podcast.

Kata Kunci : Kompetensi Komunikasi, Penyiar, Podcast.