Abstrak


Public Relations dan Identitas Perusahaan (Strategi Komunikasi Public Relations Solo Paragon Mall dalam Membangun Identitas Perusahaan Tahun 2020)


Oleh :
Hannyda Islahiah - D0216040 - Fak. ISIP

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Strategi Komunikasi Public Relations Solo Paragon Mall dalam membangun Corporate Identity di Tahun 2020?”. Waktu penelitian ialah sepanjang bulan September 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Solo Paragon Lifestyle Mall dan populasi yang diteliti adalah Public Relations yang fungsinya dijalankan oleh departemen Marketing Communication. Penulisan skripsi ini menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian, maka ditunjukkan bahwa kegiatan strategi komunikasi Public Relations Solo Paragon Lifestyle Mall mengimplementasikan Electronic Public Relations sebagai perluasan saluran komunikasi di Era Revolusi Indusrti 4.0 ini. Media Komunikasi yang digunakan Solo Paragon Lifestyle Mall ialah mengadaptasi media baru, namun masih belum meninggalkan media konvensional. Dalam mengkomunikasikan program public relations, mereka menggunakan empat model komunikasi berdasarkan Teori Grunig dan Hunt. Public Relations Solo Paragon Lifestyle Mall digunakan sebagai alat menjalankan program-program, pemberi informasi dan alat konfirmasi atas isu yang beredar secara online maupun offline. Public Relations Solo Paragon Lifestyle Mall memerlukan peningkatan dalam manajemen dan pelayanan media onlinenya.


Kata  Kunci:  Identitas  Perusahaan,  Strategi  Komunikasi  Public  Relations,  Era Revolusi Industri 4.0.