Abstrak


Kajian Pertumbuhan Sawo (Achras Zapota L.) Menggunakan Macam Media dan Eksplan yang Berbeda Secara In Vitro


Oleh :
Grace Yuniar Napitupulu - H0713081 - Fak. Pertanian

Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Bioteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan April hingga November 2018. Penelitian ini menggunakan rancangan  lingkungan  berupa Rancangan  Acak  Lengkap  (RAL) dengan tiga faktor perlakuan yaitu macam media dasar (MS, WPM, dan B5), eksplan (embrio dengan kotiledon dan embrio tanpa kotiledon), dan perbedaan konsentrasi ZPT (BAP 2 ppm IAA 0,5 ppm) serta kontrol (BAP 0 ppm IAA 0 ppm). Tiap satuan percobaan dikombinasikan dan diulang sebanyak 5 kali. Peubah yang diamati adalah waktu muncul tunas, waktu muncul  akar,  panjang akar, waktu muncul daun, jumlah daun, dan pencoklatan (browning) yang akan dibahas secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media WPM merupakan media yang paling sesuai untuk perbanyakan tanaman sawo (Achras zapota L.) secara in vitro.
Eksplan   embrio   dengan   kotiledon   merupakan   eksplan   yang   tepat   untuk
pertumbuhan sawo (Achras zapota L.) secara in vitro karena pertumbuhannya lebih cepat dan sempurna daripada eksplan embrio tanpa kotiledon. Pemberian ZPT BAP 2 ppm IAA 0,5 ppm berpengaruh terhadap pertumbuhan sawo (Achras zapota L.) secara in vitro kecuali pada variabel waktu muncul tunas menggunakan media WPM.