Abstrak


Analisis Harga Satuan Pekerjaan Produksi Campuran Aspal pada Asphalt Mixing Plant Berbahan Bakar Cangkang Sawit


Oleh :
Inneke Alvareza Boenawan - I0116054 - Fak. Teknik

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengkaji  apakah  ada  perbedaan  dari  proses produksi di asphalt mixing plant dan seberapa besar selisih biaya yang digunakan selama proses produksi antara bahan bakar gasifikasi cangkang kelapa sawit dengan bahan bakar solar. Langkah pertama penelitian ini adalah mengumpulkan data mengenai proses produksi campuran aspal dengan bahan bakar gasifikasi cangkang kelapa sawit pada dryer di asphalt mixing plant melalui wawancara, kemudian  mengumpulkan  data  komponen  harga  dari  proses  produksi  yang memicu biaya untuk menentukan harga satuan pekerjaan.

Hasil analisa data, estimasi harga satuan pekerjaan campuran aspal dengan bahan bakar gasifikasi cangkang kelapa sawit sebagai pengganti bahan bakar solar pada dryer asphalt mixing plant adalah Rp 2.345.570,15 /1000 kg campuran aspal. Sedangkan   harga   satuan   pekerjaan   dengan   bahan   bakar   solar   adalah   Rp
2.446.536,00 /1000 kg campuran aspal. Sehingga hasil akhirnya adalah harga produksi  1000  kg  campuran  aspal  dengan  gasifikasi  cangkang  kelapa  sawit sebagai   bahan   bakar   dryer   asphalt   mixing   plant   4,127%   lebih   murah dibandingkan dengan harga produksi 1000 kg campuran aspal dengan bahan bakar solar.

Kata Kunci : Asphalt Mixing Plant, Cangkang Kelapa Sawit, Analisis Harga Satuan Pekerjaan