;

Abstrak


Perbedaan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Gender pada Peserta Didik Kelas V SD Di Kota Surakarta


Oleh :
Hariyatunnisa Ahmad - S031708035 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian  ini  memiliki tujuan  untuk  mengetahui:  1)  perbedaan  minat  baca antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan, 2) perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan, 3) pengaruh minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan, 4) pengaruh gender terhadap minat baca pada peserta didik, 5) pengaruh gender terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik, 6) mendeskripsikan perbedaan minat baca antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan, 7) mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan, dan 8) mendeskripsikan faktor- faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik laki- laki dan peserta didik perempuan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di 5 sekolah dasar negeri di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Sampel penelitian ini terdiri dari 138 peserta didik yang meliputi 70 peserta didik laki-laki dan 68 peserta didik perempuan. Sampel dipilih menggunakan teknik   purposive   multistage   sampling.   Instrumen   yang   digunakan   adalah   tes kemampuan membaca pemahaman dan  angket  minat baca yang sudah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji homoskedastisitas. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov  Test,  uji  homogenitas  menggunakan  Homogenity  of  Variance Test, uji linieritas menggunakan uji F, dan uji homoskedastisitas menggunakan uji glejser. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan aplikasi PASW 18.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan minat baca
antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan, 2) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik dan peserta didik perempuan, 3) terdapat  pengaruh  minat  baca  terhadap  kemampuan  membaca  pemahaman  sebesar
49,5%, 4) terdapat pengaruh gender terhadap minat baca, 5) terdapat pengaruh gender
terhadap  kemampuan  membaca  pemahaman,  6)  peserta  didik  perempuan  memiliki minat  baca  yang  lebih  tinggi  daripada  peserta  didik  laki-laki,  7)  peserta  didik perempuan tingkat kemampuan membaca pemahamannya lebih baik daripada peserta didik laki-laki, 8) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik meliputi minat baca, fasilitas bahan bacaan, lingkungan keluarga dan sekolah, serta tingkat ekonomi keluarga.
Simpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan minat baca dan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan kelas V SD di kota Surakarta.

Kata Kunci : minat baca, kemampuan membaca pemahaman, gender