;

Abstrak


Branding Partai Politik Baru melalui Website dan Media Sosial Studi tentang Strategi Branding melalui Website dan Media Sosial dalam Rangka Pembentukan Brand Identity dan Brand Personality Partai Berkarya sebagai Partai Baru


Oleh :
Mira Adita Widianti - S221708005 - Pascasarjana

Abstrak

Partai Berkarya merupakan partai yang ingin mengkampanyekan „rindu Orde Baru? yang dimana masa orde baru berlangsung pada tahun 1966 sampai 1998. Sedangkan struktur pemilih dari pemilu 2019 didominasi oleh kaum pemuda. Partai Berkarya tetap ingin mengambil suara dari kalangan kaum muda. Media baru internet dianggap efektif untuk menyentuh kaum muda. Sebagai partai baru, Partai Berkarya perlu memperkenalkan identitas mereka kepada khalayak (brand identity) dan menunjukan karakteristik partai mereka (brand personality) untuk menarik semua kalangan masyarakat termasuk pemilih muda.

Teori   yang   digunakan   adalah   konsep   brand   strategy.   Diawali   dengan   menentukan positioning,   lalu   memperkenalkan   identitas   merek   (brand   identity)   mereka   dengan membangun kesan yang positif menggunakan  Impression Management Strategy,  terakhir memperkenalkan karakteristik (personality) partai mereka untuk menambah daya tarik dari partai politik. Isi pesan yang ada akan dianalisis desainnya menggunakan message design logic.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan   mengambil tangkapan layar website dan media sosial Partai Berkarya. Wawancara mendalam dilakukan terhadap informan ahli dari Partai Berkarya. Hasil tangkapan layar website dan media sosial yang diambil sebagai data adalah mengikuti kategori-kategori yang ada pada teori. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, dikelompokan berdasarkan tema-tema, lalu dibuatkan kesimpulan- kesimpulan. Analisis data teks dilakukan dengan cara analisis isi kualitatif.

Penelitian  ini  berkesimpulan  bahwa:  (1)  Brand  Identity  tentang  produk  politik  Partai Berkarya seperti  person, policy, dan party diperkenalkan sekaligus untuk memberikan kesan positif terhadap Partai Berkarya. Kesan positif yang ditunjukan Partai Berkarya mengikuti strategi manajemen kesan. Brand Personality dari Partai Berkarya mengikuti berdasarkan lima dimensi yaitu sincerity, excitement, competence, sophistication, atau ruggedness. (2) Message Design Logic yang digunakan oleh Partai Berkarya dalam memproduksi konten website dan media sosial, menggunakan ketiga desain yaitu expressive, convensional, dan rethorical.

Kata kunci: identitas merek, brand personality, desain pesan logika, partai politik, media baru