;

Abstrak


Persepsi dan Respon Masyarakat Tentang Kebijakan Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menengah Atas Negeri Surakarta


Oleh :
Rokhima Esti Mahyani - S241608016 - Pascasarjana

Abstrak

Penulisan Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dan respon masyarakat tentang Kebijakan Zonasi Pada Penerimaan Peserta didik Baru di
Sekolah Menengah Negeri Surakarta, serta ingin mengetahui  korelasi atau hubungan antara dua variabel yaitu persepsi dan respon.
Metode yang digunakan penulis dalam penulisan Tesis ini adalah  metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif .
Hasil penelitian  ini adalah  Persepsi masyarakat  tentang  kebijakan  zonasi
dalam penerimaan peserta didik baru. Ada tiga indikator dalam mengukur persepsi masyarakat  yaitu   aspek kognitif masyarakat mengetahui tentang kebijakan zonasi.
Walaupun masyarakat mengetahui adanya kebijakan zonasi, namun masyarakat tidak mengetahui dengan alur pendaftaran dan tujuan direvisinya zonasi. Aspek afektif, rata- rata persepsi masyarakat menilai alur pendaftaran rumit. aspek konatif rata-rata persepsi masyarakat memandang  perlunya aksi untuk  menghapus  kebijakan  zonasi.  Ketiga indikator tersebut arah persepsi dari bagian kognitif, afektif, konatif tersebut sinkron. Hasil diantara  tiga indicator  tersebut paling  tinggi adalah  indicator  konatif  yakni indicator yang cenderung untuk melakukan tindakan atau respon.  Respon masyarakat tentang kebijakan zonasi pada penerimaan peserta didik baru. Terdapat lima indikator yaitu skeptis, kritis, analitis, reaktif konfrontatif dan adaptif kompromistis. Dari kelima indicator tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil analisa data respon masyarakat lima indikator tersebut memiliki rata- rata masyarakat memberikan respon analitis. Respon analitis merupakan sumbang saran yang diberikan demi kebaikan bersama.  Hasil yang diperoleh   antara persepsi masyarakat dengan respon masyarakat memiliki korelasi meskipun nilai korelasinya lemah  terhadap kebijakan Zonasi pada Penerimaan Peserta didik Baru di Sekolah Menengah Atas Negeri Surakarta.
Kata kunci : Persepsi, Respon, Kebijakan publik