Abstrak


Analisis Kesalahan Struktur Teks dan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Teks Biografi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Anisa Nur Septiana - K1211007 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan struktur teks pada teks biografi yang dibuat siswa kelas Vlll SMP Negeri 1 Kartasura, (2) bentuk kesalahan pemakaian bahasa Indonesia pada teks biografi yang dibuat siswa, (3) faktor penyebab terjadinya kesalahan struktur teks dan pemakaian bahasa Indonesia pada teks biografi, (4) upaya guru dalam mengatasi kesalahan struktur teks dan pemakaian bahasa Indonesia pada teks biografi karya siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sampel teks biografi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura,  Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis  dokumen. Teknik analisis yang data yang digunakan adalah model analisis isi yang meliputi empat komponen, yaitu pembentukan data, reduksi data, penarikan inferensi, dan analisis.
Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kesalahan yang terjadi pada teks biografi yang dibuat siswa dibagi menjadi  empat kesalahan: kesalahan struktur teks, kesalahan ejaan, kesalahan diksi, dan kesalahan kalimat. Kedua, kesalahan struktur teks dan pemakaian bahasa Indonesia pada teks biografi tersebut disebabkan beberapa faktor, antara lain: kurangnya latihan menulis, rendahnya  frekuensi pemakaian bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya bimbingan dari guru, dan siswa mengikuti kesa1ahan pemakaian  bahasa Indonesia yang dilakukan guru. Ketiga, upaya untuk mengatasi kesalahan struktur dan pemakaian bahasa Indonesia pada teks biografi siswa, yaitu guru mengingatkan siswa mengenai kesalahan pemakaian bahasa yang sering muncul, memberikan contoh menulis dengan bahasa yang baik dan benar, dan menugaskan siswa untuk berlatih menulis teks dengan baik.