Abstrak


Peningkatan Pemahaman Konsep Daur Air Menggunakan Media Audio Visual Digital Versatile Disc (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Donorojo 1 Pacitan)


Oleh :
Yetika Desi Astriani - K7109213 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SDN Donorojo I Pacitan tahun ajaran 2012/2013.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan 4 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas  V SDN Donorojo I Pacitan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi  teknik,  triangulasi sumber, dan triangulasi  teori. Sedangkan  analisis  data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui peningkatan persentase pemahaman    konsep daur air siswa pada siklus I dan siklus II. Peningkatan pemahaman konsep daur air dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata yaitu 68,5 dengan ketuntasan klasikal 45% pada pratindakan. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi  77,7 dengan ketuntasan klasikal 75% pada siklus I. Kemudian, nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 86,6 dengan  ketuntasan klasikal 90% pada siklus II. Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah  penggunaan media audio visual digital versatile disc dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SDN Donorojo I Pacitan tahun ajaran 2012/2013.

Kata Kunci: Pemahaman  Konsep Daur Air, Media Audio Visual Digital Versatile Disc.