Abstrak


Peningkatan Penguasaan Konsep Bangun datar Sederhana menurut Sifatnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Siswa Kelas III SDN Candisari Kec. Secang Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2010/2011


Oleh :
Isni Mastuti - X1808022 - Fak. KIP

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep bangun datar sederhana menurut sifatnya dengan model pembelajaaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada siswa kelas III SD N Candisari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek peneltiian adalah siswa kelas III SD N Candisari.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang terdiri dari dua komponen analisis yaitu komparatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan penguasaan konsep bangun datar sederhana menurut sifatnya yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 60; kemudian pada tes siklus pertama 69; menjadi 86 pada siklus kedua, adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 37?n pada tes siklus pertama 70%; kemudian pada siklus kedua menjadi 100%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperaatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) mampu meningkatkan penguasaan konsep bangun datar sederhana menurut sifatnya pada siswa kelas III SD N Candisari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2010/2011.