Abstrak


Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Berbasis Web "Quizizz" Sebagai Media Pembelajaran (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Sondakan, Surakarta) Tahun Pelajaran 2020/2021


Oleh :
Munawar Sodiq - K7116122 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan aplikasi berbasis web quizizz sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sondakan yang berjumlah 24 siswa dan guru kelas berjumlah 3 orang. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis model Miles Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan aplikasi berbasis web Quizizz sebagai media pembelajaran sudah sesuai dengan indikator pemilihan media pembelajaran. Hal itu terlihat dari pendapat guru saat diwawancara dengan delapan indikator pemilihan media pembelajaran dan semua dijawab dengan ada kesesuaian Quizizz sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Persepsi Guru Dan Siswa, Quizizz, Media Pembelajaran