Abstrak


Hubungan Kemampuan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Daring IPA pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMP Negeri 4 Cileungsi


Oleh :
Aliffa Septiana Putri - K4516002 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya hubungan antara kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran daring IPA materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMP Negeri 4 Cileungsi dan (2) bagaimana hubungan antara kemampuan kognitif dengan setiap indikator sikap ilmiah siswa yang meliputi: (a) jujur; (b) optimis; (c) tekun dan (d) disiplin.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri
4 Cileungsi Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 216 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-5 sebanyak 36 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui pengisian soal tes kemampuan kognitif berbentuk uraian dengan materi klasifikasi makhluk hidup dan angket secara daring menggunakan google forms. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana.
Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa: (1) ada hubungan antara kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa yang di buktikan dengan nilai sig sebesar 0,042 dan (2) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan kognitif dengan setiap indikator sikap ilmiah siswa baik pada; (a) indikator jujur dengan nilai sig sebesar 0,037, (b) indikator optimis dengan nilai sig sebesar 0,023, (c) indikator tekun dengan nilai sig sebesar 0,006 dan (d) indikator disiplin dengan nilai sig sebesar 0,009. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada hubungan antara kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran daring IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII di SMP Negeri 4 Cileungsi dan (2) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan kognitif dengan setiap indikator sikap ilmiah baik pada indikator jujur, optimis, tekun dan disiplin.

Kata Kunci: kemampuan kognitif, sikap ilmiah, pembelajaran daring (online)