Abstrak


Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Mungkid


Oleh :
Tri Puji Andayani - K1316062 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika, (2) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring, dan (3) mendeskripsikan bagaimana evaluasi pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Mungkid.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan peneliti adalah catatan hasil observasi terhadap guru matematika, catatan hasil observasi terhadap respon siswa, catatan angket terhadap guru matematika, catatan hasil angket terhadap respon siswa, catatan hasil wawancara terhadap guru matematika, catatan hasil wawancara terhadap respon siswa, dan nilai matematika siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah criterion sampling. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIIIA - VIIIF, guru matematika kelas VIIIG dan VIIIH, dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data diperoleh dari triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Simpulan dari penelitian implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika ini yaitu pertama, pada perencanaan pembelajaran daring guru telah melakukan identifikasi karakter dan lingkungan siswa, menetapkan tujuan pembelajaran, mengembangkan strategi pembelajaran dan bahan ajar, dan membuat mekanisme penilaian. Kedua, pada pelaksanaan pembelajaran daring guru melaksanakan pembelajaran daring, menerapkan model pembelajaran yang mampu mengakomodasi pembelajaran jarak jauh, melakukan interaksi dua arah, dan mengakomodasi peran pendampingan orangtua, sedangkan siswa mampu menguasai alat dan media pembelajaran, mengikuti pembelajaran, memberikan respon kepada guru, akan tetapi masih kesulitan memahami materi. Ketiga, pada evaluasi pembelajaran daring guru melaksanakan pengamatan sikap dan tindak lanjut terhadap sikap siswa, melaksanakan penilaian tertulis berupa ulangan harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester sekaligus penilaian keterampilan menggunakan soal-soal penerapan.

Kata kunci: implementasi, pembelajaran daring, COVID-19