Abstrak


Analisis Efisiensi Kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Jawa Barat: Periode 2015-2019


Oleh :
Ari Egi Rianto - F0117024 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Jawa Barat periode 2015 & 2019 dengan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Obyek Penelitian ini merupakan sepuluh Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dengan aset tertinggi di Jawa Barat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan masing-masing Bank Pembiayaan Rakyat Syariah periode 2015 & 2019 yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahun 2015 dari 10 BPRS yang di teliti hanya terdapat 3 BPRS yang mencapai tingkat efisiensi kinerja yang optimal (100%). Pada tahun 2019, terjadi peningkatan efisiensi kinerja dimana terdapat 6 BPRS yang mencapai tingkat efisiensi kinerja optimal (100%) diantaranya 4 BPRS mengalami peningkatan efisiensi kinerja dan 2 BPRS lainnya menunjukan konsistensinya dalam mempertahankan efisiensi kinerjanya. Bagi BPRS yang mengalami penurunan atau belum mencapai tingkat efisiensi kinerja yang optimal agar dapat memaksimalkan variabel yang belum mencapai efisiensi 100?ngan mengacu pada benchmark masing-masing BPRS.  

Kata Kunci: Efisiensi, BPRS, Jawa Barat, Data Envelopment Analysis (DEA).