Abstrak


Strategi Pengembangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Berwawasan Entrepreneurship (Studi Kasus Mahasiswa PTB FKIP UNS)


Oleh :
Harvenza Widi Murmanma - K1513037 - Fak. KIP

Harvenza Widi Murmanma, STRATEGI PENGEMBANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN BERWAWASAN ENTREPRENEURSHIP (STUDI KASUS MAHASISWA PTB FKIP UNS) Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengetahuan, dan wawasan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS tentang entrepreneurship ; (2) upaya penerapan strategi pengembangan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan berwawasan entreprneurship ; (3) kendala yang dihadapi dalam melaksanakan strategi pengembangan mahasiswa yang berwawasan entrepreneurship pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNS.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu menggambarkan tentang faktor  pendorong dan penghambat yang mempengaruhi wawasan entrepreneurship mahasiswa PTB FKIP UNS, serta wawasan, motivasi, dan upaya pengembangan wawasan entrepreneurship mahasiswa PTB FKIP UNS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan, dan wawasan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS tentang entrepreneurship, belum optimal karena mahasiswa PTB FKIP UNS mendapatkan wawasan entrepreneur hanya sewaktu semester awal saat mata kuliah KWU. Dalam upaya penerapan strategi pengembangan mahasiswa PTB FKIP UNS dapat dilakukan dengan antara lain : pengadaan Business Center di area Kampus, Workshop tentang entrepreneurship, dan upaya menanamkan wawasan entrepreneurship pada mahasiswa dalam setiap pembelajaran perkuliahan. Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan strategi pengembangan mahasiswa PTB FKIP UNS berwawasan entrepreneurship antara lain adalah waktu pembelajaran di kampus yang padat, proses pembelajaran di kampus yang monoton dan kurang bersosialisasi dengan masyarakat luar, belum adanya business center yang produktif di area kampus untuk menunjang wawasan entrepreneurship mahasiswa PTB FKIP UNS.